Dari Presiden Direktur

Dari Presiden Direktur
Ada 5 pondasi bisnis yang mesti menjadi perhatian khusus bagi setiap perusahaan, karena hal ini merupakan mata rantai sebuah ekosistem bisnis.

Pertama, Sumber Daya Manusia (SDM). Apapun bisnis di dunia ini, baik yang bergerak di bidang produk maupun jasa, SDM selalu memegang peranan vital. Sebuah perusahaan akan sulit maju jika tidak memiliki SDM yang kompeten, kredibel dan handal.

Kedua, marketing. Sebagus apapun produk ataupun jasa yang kita miliki, jika tidak ada yang beli maka itu sama saja bisnis kita tidak berjalan sehat. Jika proses penjualan stagnan, suatu perusahaan sebaiknya segera mengevaluasi dan membuat terobosan-terobosan baru agar penjualan bisa berjalan stabil sesuai rencana.

Ketiga, keuangan. Jika perusahaan kita sudah memiliki SDM yang bagus, penjualannya juga sudah bagus, namun pada tahap tatakelola keuangan masih amburadul, tentu bisnis akan pincang. Perusahaan sehat itu adalah perusahaan yang memiliki manajemen keuangan yang baik.

Keempat,  Standard Operating Procedures (SOP). Bisnis yang modern adalah bisnis yang mencoba mengurangi ketergantungan penuh kepada manusia, dan memindahkan ketergantungan itu secara bertahap kepada sistem. Setiap perusahaan yang maju pasti mempunyai SOP, sebagai implementasi satu kesatuan kontrol yang berjalan dengan konsisten untuk mendukung setiap operasional perusahaan.

Kelima, R & D (Research and Development). Sebuah bisnis akan mati ketika kita berhenti melakukan riset dan pengembangan. Inovasi dan kreatifitas adalah sebuah keharusan jika ingin bisnis terus selalu hidup pada setiap era dan zaman.

Berangkat dari lima hal tersebut, kami memandang perlu untuk membentuk ekosistem bisnis yang berkelanjutan, oleh karena itu HANN Corp didirikan untuk menjadi mentor dan supervisor terhadap anak-anak perusahaan dari HANN Corp itu sendiri. Semakin banyak anak perusahaan maka kita butuh sebuah holding yang mampu mengintegrasikan ekosistem bisnis secara terpadu. Agar berbagai sistem dan budaya kerja yang baik lebih mudah diduplikasi oleh segenap anak perusahaan di bawah manajemen HANN Corp. 

Lima fokus utama HANN Corp:  
Pertama sebagai Creator Business Leader dan memberikan support kepada anak-anak perusahaannya di bidang manajemen bisnis. Hal ini dilakukan dalam memberikan pedoman untuk tata kelola perusahaan yang baik dan benar. Selain itu, HANN Corp juga fokus melahirkan dan melatih para leader baru yang dapat menjalankan sebuah perusahaan secara profesional. Dengan membuat ekosistem, kaderisasi, penataan sumber daya manusia dan jenjang karir sehingga dapat mengeluarkan kompetensi terbaik dari setiap sumber daya manusia.  Sehingga setiap perusahaan dapat menjadi leader company di bidangnya masing-masing dan siap bersaing pada level nasional maupun internasional. 

Kedua, Business Strategic Planner, menangkap peluang-peluang bisnis yang ada di depan mata, baik di Indonesia maupun global akan menjadi konsen HANN Corp. Namun semua peluang dan potensi bisnis yang akan dikembangkan harus terlebih dahulu dibuat studi kelayakannya sebagai acuan untuk ekspansi bisnis di berbagai sektor yang diminati.

Ketiga, Capital Management, yakni sebagai manajemen keuangan terpadu perusahaan untuk investasi dan pengembangan berbagai bisnis. Sehingga semua anak perusahaan bisa saling support untuk tumbuh dan berkembang bersama.

Keempat, Research & Development, yakni HANN Corp sebagai pusat riset dan pengembangan bisnis baru yang secara market potensial untuk dikembangkan. Riset dan pengembangan yang dilakukan terkait dengan potensial market dari anak perusahaan atau usaha baru yang menguntungkan dan relevan untuk kita kembangkan. Ini menjadi salah satu fokus utama HANN Corp, sehingga kami mempunyai tagline selalu muda, selalu fresh agar selalu bisa diterima oleh market di setiap masanya. Proses-proses riset dan inovasi terkait dengan perubahan perilaku pasar maupun menanggapi dinamika ekonomi makro, baik yang terjadi karena pengaruh ekonomi nasional maupun internasional.

Kelima, Building Brand, Brand bagi kami bukan hanya sekedar logo, brand meliputi produk dan jasa yang bercerita tentang keunggulannya, pelayanannya, kompetensi sumber daya manusianya dan kompetitif terhadap berbagai kompetitor terkaitnya. Konsentrasi ini menjadi salah satu hal utama HANN Corp, semua anak perusahaan yang dikelola holding company ini selalu menjaga entitas brand sebagai sesuatu yang berkualitas, disukai bahkan dinantikan oleh target market kita. Harapan jangka panjangnya, building brand dapat menciptakan dan mendorong brand-brand di bawah naungan HANN Corp diterima oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

M HADI NAINGGOLAN
Founder and President Director HANN Corp